Monday, February 25, 2013

Cara Mengatasi iPhone iPad iPod Touch Tidak Terdeteksi di iTunes


Beberapa langkah alternatif untuk mengatasi masalah iPhone, iPad dan iPod Touch tidak terdeteksi di iTunes. Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami ketika iTunes tidak dapat mendeteksi iPhone iPad dan iPod Touch walaupun telah disambungkan dengan menggunakan kabel USB, kemudian apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini?
Jika iDevice anda tidak terdeteksi di iTunes berikut beberapa langkah alternatif yang dapat anda coba satu per satu untuk mengatasinya.
Tahap pertama:
  • Sambungkan kabel USB dengan Port yang berbeda di PC/Mac
  • Reboot atau Respring iPhone iPad dan iPod Touch
  • Restart iTunes
  • Reboot atau Restart PC/Mac
  • Gunakan kabel USB yang berbeda (Saya sarankan untuk menggunkan kabel data asli)
Jika tahap pertama telah dilakukan tetapi iDevice masih belum terdeteksi di iTunes silahkan coba langkah berikut:
Tahap kedua:
  • Delete dan install ulang iTunes, saya sarankan untuk menggunakan iTunes versi terbaru yang dapat anda download disini.
Jika anda pengguna Mac, iTunes merupakan aplikasi default (termasuk Safari, Mail dan yang lainnya) yang diproteksi sehingga untuk menghapusnya anda harus melakukannya secara manual.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi Default di Mac dengan menggunakan aplikasi Terminal:
  • Buka aplikasi Terminal yang dapat anda temukan di folder Utilities
  • Kemudian ketikan command line berikut:
cd /Applications/
  • Command tersebut akan membuka direktori dari semua aplikasi
  • Untuk menghapus iTunes ketikan command line berikut:
sudo rm -rf iTunes.app/

Jika anda ingin menghapus aplikasi lain tinggal mengganti iTunes.app dengan Safari.app (untuk menghapus aplikasi Safari) Mail.app (Untuk menghapus aplikasi Mail).
  • Setelah itu masukkan password administator kemudian pilih tombol Confirm.
  • Kemudian aplikasi iTunes di Mac akan segera terhapus tanpa konfirmasi (Terhapusnya iTunes, tidak akan menghapus iTunes library atau Lagu yang telah ada di iTunes. Setelah itu anda dapat menginstall ulang iTunes)
  • Setelah itu Reboot Mac.
Tetapi jika iDevice masih belum terdeteksi walaupun anda telah melakukan tahap kedua, silahkan ikuti langkah terakhir dibawah ini:
  • Sambungkan iPhone iPad dan iPod Touch dengan PC/Mac yang lain
Jika masih sama tidak terdeteksi di PC/Mac lain, kemungkinan besar iPhone iPad dan iPod Touch anda mempunyai masalah dengan hardware:
  • Saya sarankan untuk memeriksa dan membersihkan port di iDevice anda, karena besar kemungkinan debu, kertas atau kain masuk ke port (tempat kabel USB) di iDevice anda.
Itulah beberapa langkah alternatif untuk mengatasi iPhone iPad dan iPod Touch tidak terdeteksi di iTunes. Jika semua langkah diatas telah anda lakukan tetapi iDevice masih belum terdeteksi saya sarankan untuk dibawa ke Apple Store terdekat. Bagaimana menurut anda? jika ada pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan silahkan melalui kolom komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment