Wednesday, October 3, 2012

Aplikasi fotografi Terbaik Process, ColorStrokes dan Camera+ Untuk iPhone, iPad dan ipod Touch


Berbicara soal fotografi saat ini, fotografi menjadi hal yang tidak asing lagi untuk kita ikuti dan lakukan karena sudah hampir semua smartphone yang memiliki built-in kamera dengan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi seperti salah satunya yang datang dari produk Apple yaitu iPhone 4, iPhone 4S dan yang terbaru iPhone 5 yang mempunyai kualitas kamera yang sangat bagus yang bisa anda lihat disini.

Aplikasi kamera bawaan Apple saya rasa sudah cukup, apalagi mulai dari iPhone 4 ada menu editing sendiri walaupun cukup minimalis sehingga kita kurang mampu untuk mengeksplor lebih jauh gambar yang telah kita ambil. Tetapi kita jangan khawatir walaupun begitu ternyata Apple sudah menyediakan suatu aplikasi fotografi yang menurut saya cukup lengkap dan berkualitas yaitu iPhoto.
Ketika akan mengambil gambar saya sarankan jangan terlalu berfikir panjang dan gunakan insting "don't think just shoot!", baru setelah itu anda pilih gambar mana yang paling bagus karena dengan adanya aplikasi foto digital saat ini anda dapat dengan gampang untuk menghapusnya. Tetapi apabila kita merasa kurang puas, anda bisa mendownload aplikasi-aplikasi fotografi di AppStore diantaranya yaitu Snapseed, PowerCam, ProCamera, Camera+, ColorSplash Pano, 645 Pro, PS Express, Pro Snap, Hipstamatic, FX Photo Studio dan masih banyak lagi. Mungkin kita merasa bosan dengan banyaknya aplikasi yang diawali dengan nama 'Insta' ini dan 'HDR' itu dan mereka hanya mau mengambil keuntungan dari nama besar Instagram. Terlepas dari itu semua mungkin kita terlupakan dengan aplikasi yang mempunyai kualitas bagus tetapi tidak memakai nama 'Insta' atau 'HDR' yaitu Process, ColorStrokes dan Camera+.

1. Process
Process adalah aplikasi fotografi yang diciptakan oleh greenlike yang fitur-fiturnya hampir sama dengan snapseed. Tetapi secara keseluruhan aplikasi ini lebih unggul karena anda dapat memodifikasi foto dari semua sisi mulai dari blur, brightness dan kontras, vibrance, vignette dan white balance, lebih banyak anda memodifikasinya foto yang akan anda hasilkan akan lenih menakjubkan dan aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.
Ketika anda sedang melakukan modifikasi pada gambar dan ketika terjadi kesalahan tidak perlu khawatir karena aplikasi ini mempunyai menu undo dan setiap perubahan bisa anda lihat langsung dan menurut saya aplikasi ini lebih simpel. Aplikasi ini dapat di install di iPhone (termasuk iPhone 5), iPad dan iPod Touch yang bisa anda beli dengan harga $9.99 di AppStore.

2. ColorStrokes 
ColorStrokes adalah aplikasi untuk membuat foto menjadi berwarna hitam putih di sekelilingnya dan ada beberapa objek yang bisa kita munculkan warnnya, aplikasi ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan colorSplash. Dengan aplikasi ini kita bisa memunculkan warna dari suatu objek sehingga menjadi eye-catching.

Untuk efeknya ada dua tipe yang dapat anda pilih, pertama bisa langsung anda lakukan ketika mengambil gambar menggunakan kamera, atau anda bisa memilih untuk mengambil gambar terlebih dahulu yang kemudian bisa anda edit. Ketika membuka aplikasi ini anda akan diberikan pilihan apakah akan mengambil gambar langsung dengan aplikasi kamera atau akan mengambil dari Camera Roll dan album foto di facebook. Setelah itu anda dapat memotongnya dengan rasio 1:1 yang kemudian anda dapat melakukan editing warna ke hitam putih dan memilih objek warna yang akan dimunculkan.
Fitur ColorStrokes tidak berhenti hanya sampai disini, setelah itu anda dapat mengeksplornya lagi karena adanya menu yang lain diantaranaya ada 4 efek HDR yang akan membuat foto anda lebih unik dan menu lainnya yang dapat anda gunakan. Setelah selesai memodifikasi foto, anda dapat membagikannya  melalui facebook, twitter, instagram, flickr, mengirimnya lewat email ataupun menjadikannya sebagai kartu pos. ColorStrokes dapat di install di iPhone, iPad dan iPod Touch yang dapat anda beli dengan harga $0.99 di AppStore.

3. Camera+
Camera+ merupakan salah satu aplikasi fotografi terbaik yang diciptakan oleh TapTapTap, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi fotografi terpopuler untuk iOS device dan sudah di update untuk iPhone 5 dan sekarang Camera+ telah merilis untuk iPad. Untuk versi iPad, aplikasi ini lebih fokus ke modifikasi foto dari pada untuk mengambil gambar dengan kamera iPad, karena menurut saya kamera di iPad kurang begitu bagus untuk mengambil gambar.
Selain itu aplikasi ini telah support dengan iCloud dengan fitur yang disebut Lightbox sehinngga anda dapat mengirim dan menyimpan gambar atau melanjutkan untuk mengeditnya di gadget anda yang lain. Selain itu ketika anda mengambil gambar dengan kamera di iPad ada menu untuk mengontrol posisi gambar secara otomastis sehinngga foto yang anda hasilkan menjadi maksimal. Aplikasi ini dapat anda beli dengan harga $0.99 di AppStore untuk iPhone, iPod Touch (disini) dan iPad (disini)

Bagaimana menurut anda? tertarik? apabila anda mempunyai foto yang menurut anda cukup bagus dan ingin dibagi di blog ini silahkan sampaikan foto anda melalui email, twitter dan facebook Cara-Jailbreak, bila mempunyai pendapat lain silahkan sampaikan melaui kolom komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment